TiPs!!!

"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity blog atau web anda secara cepat dan tak terbatas...?...
Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...!..Klik disini-1 dan disini-2"

Kamis, 07 Agustus 2008

Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Penggagas Gemastik

Berbagai lomba untuk meningkatkan penalaran, kreativitas dan karya inovatif mahasiswa diadakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M). Salah satunya adalah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang pada tahun ini telah memasuki tahun ke 21. Jumlah peserta dan karya inovatif dalam berbagai bidang semakin meningkat dari tahun ke tahun.
Bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang secara umum sangat pesat perkembangannya bisa dirasakan pengaruhnya di lingkungan perguruan tinggi termasuk kalangan mahasiswa. Semakin luasnya jaringan untuk mengakses informasi digital memberikan kesempatan bagi kalangan perguruan tinggi dan mahasiswa untuk memanfaatkannya bagi berbagai keperluan.
Untuk mendorong kegiatan kreatif dan inovatif mahasiswa dalam bidang TIK maka digagas perlu adanya suatu kegiatan tingkat nasional sekaligus sebagai ajang dalam menyiapkan diri untuk kompetisi-kompetisi sejenis tingkat regional bahkan internasional. Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan di atas maka Dit. P2M DIKTI mulai tahun ini meluncurkan kegiatan kompetisi baru dengan nama: ” Pagelaran Mahasiswa Nasional dalam bidang TIK” disingkat geMasTIK.
Secara umum tujuan diadakannya geMasTIK adalah:
(1) mendorong peningkatan kegiatan mahasiswa kreatif inovatif bidang TIK;
(2) penyebarluasan informasi dan penguasaan TIK di lingkungan Perguruan Tinggi;
(3) membudayakan iklim kompetitif di lingkungan Perguruan Tinggi;
(4) mendorong interaksi antara Perguruan Tinggi dengan memanfaatkan teknologi TIK;
(5) mendorong pemanfaatan infrastruktur TIK yang telah digelar di berbagai perguruan tinggi melalui kegiatan yang positif;
(6) mendorong peningkatan akses digital di kalangan perguruan tinggi sehingga dapat mengurangi kesenjangan digital di tanah air dan
(7) meningkatkan hubungan antara dunia akademisi dengan industri dalam pengembangan TIK.

Pola umum penyelenggaraan geMasTIK yang akan dilakukan hampir sama dengan pola penyelenggaraan PIMNAS, yaitu: pendaftaran peserta, penyisihan, dan final. Tahapan pendaftaran peserta dan penyisihan dilakukan secara online sebagai salah satu ciri khas penyelenggaraan geMasTIK.
Acara final diselenggarakan secara onsite di suatu perguruan tinggi yang ditunjuk DIKTI atas usulan dari perguruan tinggi yang mengikuti pertemuan (sarasehan) pada saat acara final pada tahun sebelumnya. Untuk pertama kalinya penyelenggaraan geMasTIK ditetapkan di Institut Teknologi Telkom dengan pertimbangan kesiapan dan inisiatif awal usulan kegiatan ini dari perguruan tinggi tersebut. Website resmi dari geMasTIK adalah http://www.gemastik.com/ .
Inti kegiatan geMasTIK adalah lomba dalam 7 (tujuh) kategori, mulai dari perancangan perangkat, aplikasi, logika pemecahan masalah, pengelolaan bisnis, sampai penulisan makalah. Sedangkan acara pendukung yang dilaksanakan pada babak final terdiri dari seminar, pameran dan temu bisnis serta acara-acara seremonial lainnya.

Sesuai dengan tujuannya maka melalui kegiatan ini diharapkan dihasilkan karya kreatif dan inovatif mahasiswa berupa purwarupa perangkat keras dan perangkat lunak, kemahiran mahasiswa dalam pemecahan masalah teknis dan bisnis, dan makalah untuk siap dipublikasikan.
Dengan berbekal semangat inovatif kreatif marilah kita dukung dan sukseskan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan daya saing dan martabat bangsa.



Jakarta, Juni 2008
Direktur Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Departemen Pendidikan Nasional,



Mochamad Munir

Tidak ada komentar: