TiPs!!!

"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity blog atau web anda secara cepat dan tak terbatas...?...
Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...!..Klik disini-1 dan disini-2"

Jumat, 27 November 2009

Koq Buka Blog saya ini lama ya?? Apanya yang bikin lemot??

Sudah lama saya bertanya-tanya kenapa setiap membuka blog saya ini lamanya minta ampun. Terkadang lamanya lebih parah daripada saya membuka halaman yang full image. Padahal ga ada gambar ataupun video yang beresolusi besar untuk di load. Saya sampai-sampai kebingungan. Apalagi kalau melihat blog orang lain yang waktu membuka halamannya cuma sebentar. Namun akhirnya saya menemukan jawabannya kenapa blog saya ini lama load-nya.

Berdasarkan analisa saya, sebenarnya yang membuat waktu loading blog saya ini lama (dan mungkin blog2 dari blogspot lainnya) adalah karena fasilitas widget yang terpasang di blog ini. Kebanyakan fasilitas widget yang disediakan blogspot "ngambil" atau "numpang" dari situs lain. Sebagai contoh fasilitas jam atau clock di blog saya ini, merupakan "plug in" yang di ambil dari sebuah situs bernama al-habib.info, bukan widget yang langsung dari server blogspot nya. Selain itu, blogspot juga tidak menyediakan widget-widget yang biasanya menjadi favorit blogger. Sebagai contoh untuk blog saya ini, widget shoutmix dan blogstats saya cari sendiri dari situs yang menyediakannya dan saya pasang di blog ini. Tentu saja setiap saya membuka blog, selain load data dari blogspot, sekaligus akan di-load data dari situs-situs penyedia widget tersebut. Berbeda dengan blog milik wordpress yang memiliki fasilitas blog stat yang langsung disediakan oleh wordpress-nya. Sebagai akibatnya, waktu untuk membuka blog saya menjadi sangat lama. Data-data yang harus di load ketika membuka halaman blog ini menjadi sangat banyak dan tersebar di beberapa server situs, bukan hanya berasal dari blogspot, tetapi juga dari situs-situs lain penyedia widget yang dipasang di blog ini. Saya aja nyampe stress kalau nunggu sampai proses load nya selesai.

Di blog ini, hampir semua widget-nya menghasilkan waktu load yang lama. Fasilitas clock, pencarian, artikel terakhir, komentar terakhir, shoutmix chat, email subscription box, blog stat, berita terkini, google translation, pengunjung terakhir, pengikut, dan google map application semuanya menyebabkan halaman blog menjadi lama untuk dibuka. Semua widget tersebut berasal dari situs yang berbeda.

Saya cuma berharap mudah-mudahan blogspot menyediakan widget favorit yang langsung berasal dari server-nya blogspot, sehingga tidak berat untuk me-load-nya ke blog pengguna, sehingga menjadi lebih ringan untuk dibuka.

Terimakasih yg sudah membaca tulisan ini, mudah-mudahan bermanfaat. Mohon maaf kalau banyak kesalahannya, silahkan di komentari dan dikoreksi, karena ini merupakan analisa saya sendiri :) ..

Salam..


6 komentar:

Alif Nur Rohman mengatakan...

kenapa?

karena scrip yang anda pasang di bagian sidebar blog anda terlalu banyak...

contoh: script untuk jam... jika anda memasang tak ada gunaya yang begitu penting, mending di buang saja... toh orang datang ke tempat anda bukan untuk melihat jam anda.

rajes mulyawan mengatakan...

Hehe, benar jug ya mas. Terkadang itulah keunikan ngeblog mas, kita ingin blog kita terlihat keren, yg menjadi suatu kepuasan bagi kita. Tapi konsekuensinya jadi lemot begini, load datanya jadi lama..

-liu- mengatakan...

Haha..Iya jugha setelah dipikir"..mantep Bleh Informasinya..^^..Link Back

Suprih Rustanto mengatakan...

salam dari blogger semarang, senang bisa berkunjung dan meninggalkan komentar d blog ini, tulisan terakhir saya:20+1 Yang Unik Dari Semarang

Rajes Mulyawan mengatakan...

@-liu- : terimakasih sudah berkunjung.. sudah saya link back.. :)

@kang supri : salam juga kang, blog nya kang supri keren dan menarik..

Anonim mengatakan...

infonya bermanfaat buat saya...terimakasih